ARTICLE
Beda Usia Beda Perawatan Wajah
foto ArticleBanyak cara memancarkan kecantikan diri seorang wanita. Tapi kecantikan yang paling mudah terlihat adalah melalui kulit. Kulit yang sehat sudah barang tentu memancarkan kecantikan ekstra dari sekadar pulasan make up. Tapi sejalan dengan usia, kulit wanita pun akan berubah. Jika tidak tepat memperlakukannya, bisa-bisa kita terlihat tua sebelum waktunya!

Usia 20-an
Bisa dikatakan, di usia ini baik wanita maupun pria dipusingkan oleh jerawat. Seorang wanita di fase usia ini masih harus berjuang dengan keluarnya jerawat akibat hormone, terutama pada bagian rahang dan dahi. Untuk mengendalikan jerawat ini, Anda disarankan menggunakan cairan pembersih yang lembut yang mengandung bahan-bahan pelawan jerawat, seperti asam salisilat ataupun sulfur.
Pada usia ini, Anda juga sudah bisa melihat adanya tanda-tanda penuaan yang halus. Agar tidak menjadi masalah, lindungi dan rawat kulit Anda sebaik mungkin, terutama dari paparan sinar matahari.

Usia 30-an
Pada usia ini, pasti Anda sudah bisa melihat beberapa perubahan pada kulit. Kadang, kulit tampak tak menentu kondisinya. Dalam satu menit, kulit kelihatan berminyak, tapi satu menit kemudian akan terasa kering. Untuk mengatasinya, Anda disarankan menggunakan krim dan lotion yang mengandung aneka antioksidan, seperti vitamin C, E dan beta karoten, untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Atau Anda bisa mencoba produk perawatan kulit yang mengandung co-enzym Q10, nutrient yang bisa merangsang produksi kolagen, serta ekstrak teh hijau.

Usia 40-an
Pada fase ini, garis-garis penuaan akan semakin kentara, jika Anda teledor merawatnya. ‘Pabrik’ penghasil minyak alami kulit sudah mulai menipis, dan keriput-keriput sekitar bibir dan mata mulai tampak jelas. Anda yang berusia 40-an disarankan berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai penggunaan alpha-hydroxy acid (AHA), yaitu suatau bahan yang dapat mengganti lapisan terluar kulit, sehingga Anda akan tampil lebih muda dan segar.
Anda juga bisa menggunakan tretinoin, sebuah krim yang mengandung vitamin A yang dapat mengurangi tanda-tanda dan garis-garis penuaan, keriput dan noda-noda penuaan.
Namun konsultasikan dahulu penggunaannya dengan dokter kulit. Produk-produk ini tidak bekerja secara ‘sihir' yang merubah kondisi kulit Anda dalam waktu instant, kurang dari satu bulan, misalnya. Tetapi penggunaan yang terus menerus dan konstan tentunya akan membuat perubahan yang cukup signifikan, yang bisa Anda tanyakan pada seorang teman atau kerabat yang lama tidak berjumpa dengan Anda

Usia 50-an
Pada usia ini, kulit mungkin sudah kehilangan kekencangan dan kekenyalannya, yang mungkin disebabkan sudah rusaknya kolagen dalam kulit. Mungkin juga noda-noda penuaan (ageing spot) dan perubahan warna pigmen yang tak teratur sudah bisa Anda lihat. Namun jika Anda belum memilikinya, berarti Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk melihat kondisi kulit Anda yang sebenarnya.

Usia 60-an
Pada usia ini, kulit Anda mungkin sudah banyak yang berkerut dan kulit tampak kendur atau berkantung. Tapi Anda tak perlu berkecil hati, Anda masih bisa tampil cantik. Yang penting jangan lupakan asupan makanan bergizi, karena gizi yang baik akan membuat kulit lebih sehat, dan juga hindari merokok sedari muda, karena asap rokok dapat membantu mempercepat penuaan kulit.

Sederhana tapi efektif
Ada beberapa langkah efektif yang sederhana untuk melindungi kulit. Bila kulit Anda berminyak, Anda dianjurkan untuk membersihkan kulit dua kali sehari. Jika Anda berkulit kering, gunakan pembersih tanpa sabun atau sabun yang sangat lembut (ultra-mild soap), selain itu, Anda perlu berolahraga secara eratur dan diet sehat seimbang.
ARTICLE LAINNYA
 Merawat Rambut yang dicat
Pewarna rambut yang baik pasti mengandung zat tertentu untuk melindungi rambut dari kerusakan sekaligus menjaga agar warnanya tidak mudah luntur. Pewarna rambut yang baik pasti mengandung zat tertentu[More]
 Jogging Membuat Otak lebih Cerdas
Jika ingin otak lebih encer, selain harus sering-sering mengasah otak juga diiringi dengan jogging, yaitu olahraga dengan cara berjalan atau berlari-lari kecil. Tim peneliti yang terdiri atas para ah[More]
 < 1 2 3 4 >